Kehidupan Rukun & Damai Antar Umat Beragama

Dalam kehidupannya bangsa Indonesia mempunyai keyakinan dan kepercayaan, bahwa hidup dan mati di kuasai oleh Tuhan. Oleh karena itu bangsa Indonesia yakin dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agamanya masing-masing.

Kehidupan Rukun Dan Damai Antara Umat Beragama di Indonesia

Tata kehidupan bangsa Indonesia dalam berusaha, berjuang, dan dalam melaksanakan tugas sehari-hari, senantiasa berdasarkan pada keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Orang Indonesia  memeluk dan meyakini ajaran agamanya, itu berarti menjadi manusia Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, manusia yang berbudi pekerti luhur, serta bermartabat tinggi sehingga akan memperoleh kemajuan didunia dan kebahagiaan diakhirat.

Pemerintah memberikan jaminan dan perlindungan serta suasana yang baik kepada setiap warganegara Indonesia agar dapat secara bebas menghayati keyakinan dan ajaran agamanya masing-masing.

Negara Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau yang didiami oleh berbagai macam suku, mempunyai beraneka ragam bahasa daerah dan adat istiadat, serta penduduknya memeluk beberapa macam agama.

Setiap keyakinan agama senantiasa membawa manusia untuk hidup baik, teratur, bersusila, berbudi pekerti luhur, dan beramal yang semuanya itu ditujukan guna memperoleh kemajuan di dunia dan kebahagiaan diakhirat.

Itu berarti dalam menjalankan tugas-tugas ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara termasuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa adalah sesuai dengan keyakinan dan ajaran agama masing-masing warganegara Indonesia. Sebab pembangunan akan mempunyai makna dan membawa manusia Indonesia kepada kemajuan, sedangkan agama akan menghantarkan manusia Indonesia pada kebahagiaan.

Setiap warganegara Indonesia, harus dapat menghormati agama orang lain. Sebab semua tentu menghendaki agar dapat mencapai keluruhan budi demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itulah kerukunan hidup di antara sesama umat beragama sangat mutlak diperlukan.

Keyakinan masing-masing agama yang berbeda-beda, tidak berarti para pemeluknya harus terpecah belah. Tapi dengan berpegang pada pandangan hidup dan dasar negara yang sama, maka Kita bersatu sebagai bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam suasana hidup rukun dan damai, maka tentunya pembangunan nasional dapat Kita laksanakan dengan baik.

Pada waktu merebut kemerdekaan, bangsa Indonesia dapat berhasil karena adanya persatuan dan kesatuan tanpa memandang suku, ras, daerah, dan agama.

Maka pada saat mengisi pembangunan sekarang ini dan seterusnya, hendaknya semangat persatuan dan kesatuan serta kekompakan harus terus di pupuk dan makin dikembangkan.

Betapa indahnya seluruh bangsa Indonesia dapat Hidup Rukun Dan Damai, karena Torang Samua Basudara Kong Baku-Baku Sayang.  Semoga demikian,-

About these ads

3 responses to “Kehidupan Rukun & Damai Antar Umat Beragama

  1. Kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia, secara nyata ada di daerah Sulawesi Utara. Contohilah masyarakat Sulawesi Utara,-

  2. supaya rukun, jangan mengukur agama lain dari kacamata agama kita sendiri, tetapi berilah ruang kepada mereka untuk bisa mengekspresikan kepercayaan mereka dalam kehidupan, dan belajarlah untuk bisa saling mengerti dan menerima

  3. hidup ini bisa rukun dalam keragaman perbedaan apabila kita saling menghargai perbedaan itu sebagai kekayaan budaya dan kerukunan itu tercipta ketika kita saling menghargai dan menerima satu sama lain tanpa memaksakan kehendak kita kepada org lain.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s