Sejarah Masa Penjajahan Jepang

Pada penghujung tahun 1941, pecahlah Perang Pacifik. Beberapa bulan kemudian tepatnya tanggal 8 Maret 1942 Pemerintah Hindia Belanda bertekuk lutut pada tentara Jepang.

Tentara PETA Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Tentara Belanda yang dahulu gagah berani lari tunggang langgang karena tidak berani menghadapi tentara Jepang. Keadaan ini memberikan semangat kepada Indonesia bahwa Belanda itu dapat dikalahkan.

Pada mulanya tentara Jepang disambut oleh penduduk dimana-mana sebagai pembebas. Tetapi kemudian tentara Jepang memperlihatkan belangnya yang asli. Mereka melakukan tindakan-tindakan kejam terhadap rakyat, seperti memukuli rakyat tanpa alasan, merampas harta benda rakyat, memperkosa wanita-wanita, memaksa rakyat untuk dijadikan romusha, dan lain-lain.

Sebagai akibat perbuatan kejam tentara Jepang itu, maka rakyat akhirnya membenci tentara Jepang, tetapi tidak dapat berbuat apa-apa karena tidak ada kekuatan untuk melawan.

Pada tahun 1943 tentara Jepang beralih dari posisi ofensif ke posisi defensif. Tentara Jepang terpukul di setiap medan pertempuran dan tentara Sekutu semakin maju mendekati negara Jepang. Dalam keadaan yang demikian tentara Jepang melatih dan mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia dengan harapan untuk dapat membantunya melawan tentara Sekutu. Kesempatan ini dipergunakan oleh pemuda-pemuda Indonesia untuk melatih diri di bidang kemiliteran.

Pendudukan tentara Jepang memang menimbulkan penderitaan yang maha hebat terhadap rakyat. Tetapi disamping itu tentara Jepang secara tidak sadar memberikan kesempatan kepada para pemuda Indonesia untuk melatih diri di bidang ketentaraan. Ternyata kemudian bahwa pemuda-pemuda Indonesia yang dilatih oleh tentara Jepang itu, baik yang tergabung dalam PETA, HEIHO, GIUGUN, dan lain-lain adalah merupakan cikal bakal berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sangat besar peranannya dalam perang kemerdekaan dalam membela Kemerdekaan 17 Agustus 1945,-

About these ads

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s