Sejarah Masa Sebelum Penjajahan Belanda

Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang diapit oleh dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia serta diapit pula oleh dua samudera, yakni samudera Indonesia dan samudera Pacifik

Kerajaan Sriwijaya

Berbagai jenis hasil bumi sangat melimpah sehingga menjadi daya tarik bagi pedagang-pedagang asing.

Pada abad ke-VII bangsa Indonesia telah mempunyai suatu kerajaan yang besar, yaitu Kerajaan Sriwijaya yang wilayahnya sngat luas. Kerajaan Sriwijaya mengadakan hubungan dengan berbagai negara di dunia dan armada lautnya sangat disegani oleh negara-negara asing.

Pada abad ke-VIII berdirilah Kerajaan Majapahit yang luas wilayahnya melebihi wilayah Indonesia saat ini. Pengaruhnya sampai ke Madagaskar dan negara-negara Asia lainnya. Kerajaan Majapahit pula mengadakan hubungan dagang dengan berbagai negara dan armada lautnya telah mengarungi samudera Indonesia dan samudera Pacifik.

Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, bukan karena adanya penyerangan dari luar, tetapi akibat adanya pertentangan dan perpecahan dari dalam.

Jika rakyat Indonesia sekarang ini meneliti secara saksama sejarah Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit, maka akan dapat suatu kesimpulan bahwa selama persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia terpelihara dengan baik, tentunya akan merupakan suatu kekuatan guna menangkal serangan dari luar. Sebagaimana Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang kuat dan disegani oleh negara-negara tetangga,-

One response to “Sejarah Masa Sebelum Penjajahan Belanda

  1. Reblogged this on amrillmartapuraa.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s