Sejarah Perjoangan Bangsa Indonesia

Sejarah merupakan rentetan dan kaitan suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya dalam periode tertentu dimana seluruh manusia, suatu bangsa, suatu lingkungan kebudayaan, atau kelompok manusia terlibat di dalamnya.

Pasukan Bambu Runcing – Pejuang Bangsa Indonesia

Suatu peristiwa sejarah tidak pernah berdiri sendiri, tetapi selalu mempunyai kaitan atau hubungan dengan peristiwa sejarah sebelumnya.

Proklamasi 17 Agustus 1945 yang telah melahirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, adalah merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Mempelajari sejarah selalu memberikan manfaat guna menghayati akan peristiwa-peristiwa sejarah pada masa lalu, latar belakangnya, sebab-sebab yang ditimbulkannya, dan kaitan atau hubungan dengan peristiwa sejarah lainnya.

Sejarah merupakan pelajaran yang berharga dimana dapat dimanfaatkan atau ditarik keuntungan dari pengalaman generasi sebelumnya atau pengalaman bangsa lain, dalam artian segi-segi positifnya dapat digunakan sebagai pedoman pada masa yang akan datang dan segi-segi negatifnya dapat dihindari atau diusahakan jangan sampai terulang kembali pada masa mendatang.

Selain itu, sejarah dapat menimbulkan kebanggaan dan mendorong serta menimbulkan semangat berjuang untuk mencapai suatu cita-cita sesuatu tujuan.

Puncak-puncak sejarah perjoangan bangsa Indonesia yang perlu diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia, meliputi :

  1. Masa sebelum penjajahan Belanda.
  2. Masa penjajahan Belanda.
  3. Masa kebangkitan Nasional.
  4. Masa penjajahan Jepang.
  5. Masa Kemerdekaan,-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s