Cara – Cara Penanggulangan Kegiatan Subversi

Setiap warganegara dan kelompok masyarakat Indonesia perlu menyadari sepenuhnya, bahwa kemelaratan, kebodohan, kepicikan, sikap masa bodoh, perselisihan yang tidak ada hentinya, rendahnya rasa kebangsaan, banyaknya kasus SARA adalah merupakan ladang yang subur bagi tumbuhnya kegiatan subversi yang dapat mengancam akan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Generasi Muda Indonesia

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan dengan cepat sekali. Perkembangan dan mobilitas aspirasi-aspirasi lain juga dengan cepat menyebar kemana-mana, baik dalam arti yang positif maupun dalam arti yang negatif.

Masa depan negara dan bangsa Indonesiaberada ditangan generasi muda sekarang. Oleh sebab itu setiap warganegara Indonesia terutama generasi muda haruslah waspada terhadap setiap ancaman, baik yang datang dari golongan ekstrim kanan, ekstrim kiri (komunis), dan dari kaum separatis.

Selain itu generasi muda Indonesia harus juga waspada terhadap bahaya-bahaya masuknya kebudayaan asing yang merusak, KKN, narkoba, pencemaran lingkungan, kriminalitas, dan lain-lain.

Adapun cara-cara dalam menanggulangi adanya kegiatan subversi, dapat dikemukan sebagai berikut :

Langkah 1

  • Setiap warganegara dan kelompok masyarakat Indonesia haruslah membina dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa secara terus-menerus.
  • Setiap wrganegara dan kelom[pok masyarakat Indonesia harus mencegah adanya SARA, yaitu mencegah timbulnya pertentangan suku, agama, ras, dan antar golongan.

Langkah 2

  • Setiap warganegara Indonesia harus berusaha untuk mendeteksi sedini mungkin setiap situasi/kondisi yang memungkinkan timbulnya perpecahan.
  • Setiap warganegara harus memberikan contoh yang baik didalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Setiap warganegara harus melaporkan kepada yang berwajib apabila mengetahui adanya gejala-gejala yang mengganggu keamanan dan ketertiban.

Langkah 3

  • Setiap warganegara Indonesia harus berusaha secara aktif melakukan pembangunan nasional menurut bidangnya masing-masing, karena apabila pembangunan berhasil maka akan mempersempit ruang gerak usaha-usaha subversi,-

One response to “Cara – Cara Penanggulangan Kegiatan Subversi

  1. Mantap deh… Thanks,-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s