Indonesia Terancam Krisis Kewibawaan Pemerintahan

Mulyana Wirakusumah seorang Pengamat politik dari 7 (Seven) Strategic Studies, menilai bahwa saat ini Indonesia terancam krisis kewibawaan dari pemerintahnya. Hal tersebut diungkapkan lantaran saat ini banyak permasalahan yang mengancam persatuan bangsa yang tak bisa teratasi oleh pemerintah.

Kabinet Indonesia Bersatu II

“Sebagai salah satu contoh peristiwa di Sampang dan terorisme ini menjadi terkesan kewibawaan dari pusat kekuasaan jadi semakin goyang. Nah ini menurut saya harus dipulihkan,” kata Mulyana saat diskusi bertema “Urgensi Konstitusi Baru” di Hotel Acacia, Jakarta, Sabtu (1/9).

Karena itu, Mulyana menegaskan pemerintah terutama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus meningkatkan kembali kewibawaanya mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Yakni dengan cara pemberian kewenangan lebih dari parlemen kepada presiden seperti halnya pada masa pemerintahan sebelum-sebelumnya.

“Permasalahan tersebut bisa hilang dengan meningkatkan kewibawaan presiden. Dan pengkebirian kekuasaan presiden saat ini harus direview kembali. Seperti mengembalikan kewenangan presiden untuk mengeluarkan dekrit dan lainnya,” tegas Mulyana.

Ketika ditanya apakah nantinya penyelewengan kekuasaan tak akan terjadi lagi seperti di era Orde Baru ketika seluruh kewenangan presiden dikembalikan ?, maka ia menjawab ada fungsi kontrol dari masyarakat, media, dan parlemen yang mengawasinya, “Kan nanti ada kontrol. Jadi kontrol itu nanti yang berjalan,” ucap Mulyana. (Sumber : AIS – Liputan 6 SCTV),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s