Isu SARA Tidak Cerminkan Demokrasi

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan – Megawati Soekarnoputri, menentang dihembuskannya isu yang berbau suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan – Megawati Soekarnoputri,

Penyebaran isu SARA, menurut Megawati, tidak mencerminkan alam demokrasi yang sedang dibangun di Indonesia.

“Di negara yang sangat jelas, yang namanya kita punya konsensus sebagai sebuah bangsa, seharusnya tidak terjadi lagi hal-hal yang sifatnya SARA, apakah itu mengenai agama, budaya, atau ras,” kata Megawati seusai menghadiri acara halal bihalal PDI-P di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (2/9/2012).

Megawati menanggapi pernyataan soal isu SARA yang mewarnai proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta 2012-2017. Namun Megawati mengatakan, dalam kesempatan ini dirinya tidak berkomentar terkait isu SARA dalam konteks Pemilukada DKI Jakarta saja.

Mantan Presiden RI itu mengatakan, di mana saja, tidak hanya di DKI Jakarta, isu-isu semacam itu tidak semestinya dikembangkan.

“Karena kita esensinya sudah mengakui, negara kesatuan yang direkatkan dengan Pancasila, mengakui toleransi keberagaman dengan Bhinneka Tunggal Ika. Jadi, di mana saja, tidak hanya di Jakarta, di wilayah republik ini, hal-hal seperti itu oleh yang berwenang, harus disimpulkan tidak boleh dilakukan warga bangsa,” tuturnya.

Setiap warga negara Indonesia, tidak peduli ras, budaya, atau latar belakang agamanya, lanjut Mega, memiliki hak yang sama yang dilindungi undang-undang.

“Sehingga apapun yang sekarang dimainkan siapapun, saya tidak tahu, saya ingin mereka bersikap dewasalah, karena itu tidak mencerminkan alam demokrasi yang sedang coba kita lakukan,” kata Megawati.

Dia menambahkan, warga Jakarta pada khususnya, dan warga negara Indonesia pada umumnya sudah cerdas dalam menanggapi isu-isu SARA yang berkembang. (Editor : Rafans Manado – Sumber, Kompas.com Minggu, 2 September 2012 | 21:13 WIB),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s