Patriotisme : Semangat Cinta Tanah Air

Patriotisme berasal dari kata Patriot, yang artinya : pecinta dan pembela tanah air. Sedangkan Patriotisme maksudnya adalah semangat cinta tanah air.

Semangat Cinta Tanah Air Indonesia

Pengertian Patriotisme, adalah sikap untuk selalu mencintai atau membela tanah air, seorang pejuang sejati, pejuang bangsa yang mempunyai semangat, sikap dan perilaku cinta tanah air, dimana ia sudi mengorbankan segala-galanya bahkan jiwa sekalipun demi kemajuan, kejayaan dan kemakmuran tanah air.

Patriotisme atau Kepahlawanan adalah watak untuk berkorban guna sesuatu tugas besar dan cita-cita besar sebagai perluasan dari “Pahlawan adalah ia yang berkorban untuk tugas besar dan cita-cita besar” (Un hero est celui, qui se sacrifie aun grand devoir, ou a une grande idée”; Livre d’Or, De la Comptesse Diane).

Kepahlawanan bukan monopolinya seseorang atau segolongan tetapi Kepahlawanan adalah suatu perhiasan watak, yang setiap rakyat kita dapat memiliki, asal ia bersedia berkorban untuk “un grand devoir” (untuk sesuatu Tugas besar) atau untuk “une grand idée” (untuk sesuatu cita-cita besar).

Tugas besar dan cita-cita besar itu, ialah tidak lain dari pada hidup merdeka, bernegara kebangsaan, sederajat dengan bangsa-bangsa lain dalam keadaan mana rakyat semua memperkembangkan dan dapat menyuburkan nilai-nilai kemanusiaannya. Dan bila yang dimaksud dengan semangat kepahlawanan itu adalah cara berdaya dan berusaha untuk menjalankan tugas besar dan cita-cita besar itu, maka teranglah kiranya, bahwa cara amal dan cara perbuatan itulah yang penting sekali.

Amal dan perbuatan, dijiwai dengan semangat bersedia untuk berkorban, menentukan nilai dan mutu kepahlawanan setiap orang. Dan tidak sedikit pula yang diharapkan dari kita semua amal dan perbuatan yang sesuai dengan keadaan yang nyata dari pada rakyat kita dewasa ini. Untuk ini pun diperlukan dari kita sekalian keberanian dan kejujuran dalam menilai keadaan dan perasaan rakyat kita yang sebenar-benarnya.

Untuk negara Pancasila, para pahlawan rakyat kita dulu itu berjoang dan berkorban ! Dan mereka meninggalkan kepada kita dewasa ini, suatu amanat suci dan amanat keramat, yakni amanat kepahlawanan rakyat Indonesia, amanat tentang caranya melaksanakan amanat penderitaan rakyat kita.

Pada pokoknya, cara-cara perjuangan dan kebaktiannya itu ialah secara revolusioner, secara dinamis, secara heroik dan patriotik, dan terutama secara jujur dan ikhlas, dengan selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bangsa Indonesia terkenal akan budayanya yang beraneka ragam dan memiliki kekayaan yang melimpah ruah yang tidak dimiliki bangsa lain.

Indonesia juga terkenal dengan penduduknya yang ramah-ramah dan menerima pendapat serta perbedaan-perbedaan di lingkungan bangsa Indonesia. Indonesia telah mulai belajar menerima dan memahami perbedaan sesungguhnya dengan lebih terbuka.

Patriotisme konstruktif juga membutuhkan keterlibatan politik dalam arti luas. Tidak berarti harus tergabung dalam politik praktis, melainkan adanya aktivitas untuk mendapatkan informasi politik atau hal-hal yang berkaitan dengan kelompoknya.

Dengan lebih mengenal kelompoknya baik karakteristik maupun permasalahannya, akan memudahkan seseorang untuk bisa lebih pedulli atau terlibat, termasuk mengkritisi untuk menghasilkan perubahan yang positif. (Oleh : Rafans Manado – dari berbagai sumber),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s