Rasa Nasionalisme Dengan Menghargai Keragaman

Di Republik Indonesia kita ini tidak mengenal adanya perbedaan etnis, siapakah dia dan dari  rumpun manakah dia berasal, yang jelas itulah Indonesia, yang melalui Kongres Pemuda Tahun 1928 di Jakarta diikat dengan semangat Sumpah Pemuda. Ber Tanah Air yang Satu, Tanah Air Indonesia. Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia. Dan Berbahasa yang Satu, Bahasa Indonesia.

Garuda Pancasila – Bhineka Tunggal Ika

Berangkat dari hal itu semua, marilah kita selalu berpegang kepada semangat ber-Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan pemersatu bangsa sejak dahulu.

Hilangkan pikiran-pikiran baru yang rusak dan tidak bertanggung jawab atas upaya untuk melakukan suatu pergeseran makna rasa kebersamaan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  

Semua harus sadar bahwa ketika hak azasi seseorang yang terlahir dan berasal-usul dari wilayah negeri yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini juga memiliki hak dan kewajiban serta tanggung jawab yang sama atas bangsa dan negaranya.

Oleh karena perlunya kita menghargai keragamanan, tentunya dimanapun terjadinya pesta demokrasi baik di pusat atau di daerah, hendaknya menjadi ajang aspirasi yang paling demokratis tanpa dibayangi atau dihantui serta diracuni dengan pikiran-pikiran sempit dari sebagian atau sekelompok orang tertentu yang hendak memudarkan semangat nasionalisme dalam konteks berbangsa dan bernegara.

Dengan memegang semangat nasionalisme yang tinggi atau menghargai suatu keragaman seperti yang dimaksudkan di atas, maka pada akhirnya nanti masyarakat Indonesia sebagai pemegang kedaulatan tertinggi benar-benar akan menikmati pesta demokrasi secara langsung, umum, bebas, dan rahasia serta jujur dan adil sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila. (Editor : Rafans Manado – dari berbagai sumber),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s