Ada Lima Tipe Korupsi Yang Mengemuka Sejak 2004

Dalam sebuah diskusi di Jakarta pada hari Sabtu, 15 September 2012, Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) – Johan Budi mengatakan, ada lima tipe korupsi yang mengemuka sejak tahun 2004.

KPK building Kuningan

KPK Building Kuningan (Photo credit : Wikipedia)

Tipe yang pertama, berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa. Lebih dari 60 persen yang ditangani KPK pengadaan barang dan jasa.

Korupsi pengadaan barang dan jasa adalah yang paling lumrah dan mudah. Korupsi tipe ini masih konvensional. Bukan yang benar-benar canggih. Di sana seperti mark up (penggelembungan harga), penyalahgunaan kewenangan.

Tipe kedua, korupsi yang berupa pungutan-pungutan liar oleh pejabat atau penyelenggara negara.

Ketiga, korupsi terkait perizinan. Dalam hal ini, biasanya terjadi transaksi pemberian uang ke bupati-bupati atau pejabat daerah terkait penerbitan izin tertentu. Kekuasaan para penyelenggara untuk menandatangani perizinan tersebut, cenderung dibayar dengan uang.

Keempat, tindak pidana korupsi yang terkait dengan penyalahgunaan anggaran. Korupsi tipe ini kerap ditemukan di daerah. Para pejabat di sana mengelola APBD seolah-olah itu uang mereka sendiri.

Tipe kelima, korupsi yang berupa suap menyuap. Tipologi korupsi suap menyuap ini mulai bergeser. Sekarang suap tidak hanya dilakukan antara pengusaha dan pemerintah melainkan juga antara legislatif dengan eksekutif.

Modus yang digunakan para pelaku korupsi akan berkembang. Demikian juga dengan para pelakunya. Sejauh ini, para pelaku tindak pidana korupsi di KPK makin beragam kalangannya. Mulai dari pengusaha, anggota dewan, jaksa, hakim, polisi, mantan menteri, duta besar, artis, atau komisioner Komisi Pemilihan Umum. Demikian Johan. (Editor : Rafans Manado – Sumber, Kompas.Com),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s