Antara Pemerintah Indonesia, DPR RI Dan Komnas HAM

Ketua Komisi Nasional dan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) – Ifdhal Kasim, usai rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Rabu (13/9) mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah dan DPR RI terhadap lembaga yang dipimpinnya selama lima tahun terakhir terkait  sejumlah kasus yang ditangani.

Logo Komnas HAM

Lima tahun ini kami merasakan rendahnya dukungan terhadap Komnas HAM. Hal ini berpengaruh terhadap tindak lanjut sejumlah kasus HAM yang ditangani Komnas HAM.

Ifdhal mencontohkan, rapat dengar pendapat di antara Komisi III DPR RI dan Komnas HAM, sangat sedikit anggota Komisi III DPR yang hadir, yakni hanya 13 dari 54 anggota. Hal itu menunjukkan kepedulian DPR RI terhadap Komnas HAM sangat rendah.

Selama ini, rekomendasi dari Komnas HAM banyak yang tidak ditindaklajuti oleh institusi terkait lainnya, sehingga publik melihatnya hanya sebagai lembaga pemberi rekomendasi tanpa ada tindak lanjut.

Kecuali jika ada kasus-kasus besar seperti bentrok di Sampang, kasus Ahmadiyah, atau kasus Lumpur Lapindo, baru mendapat perhatian. Namun, tindaklanjutnya sering tidak diikuti secara sistematis.

Ifdhal meminta agar Komisi III DPR RI segera menjadwalkan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon anggota Komnas HAM.

Menurutnya, anggota Komnas HAM lama yang masa tugasnya diperpanjang sementara oleh presiden, hanya menunggu sampai terpilih anggota Komnas HAM yang baru.

Saat ini, kami tidak bisa membuat perencanaan kerja ke depan karena masa kerjanya tidak jelas. Kami hanya menunggu, Komisi III DPR RI segera memilih anggota Komnas HAM yang baru. Demikian Ifdhal. (Editor : Rafans Manado – Sumber, http://indonesia.ucanews.com/),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s