Bentuk Benturan Peradaban (Clash of Civilization)

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Mohammad Nuh seusai menghadiri pembukaan Asia Europe Meeting Culture Ministers Meeting (ASEM-CMM) ke-5 di Yogyakarta, Selasa, 18 September 2012 mengatakan, gelombang protes yang terjadi di banyak negara terhadap kehadiran film Innocence of Muslims adalah bentuk benturan peradaban (clash of civilization).

English: Asia-Europe Meeting members (ASEM)

Asia-Europe Meeting members (ASEM) (Photo credit : Wikipedia)

ASEM-CMM dihadiri 120 delegasi dari 35 negara Asia dan Eropa, satu di antara empat agenda pembahasan dalam pertemuan tingkat menteri itu adalah menjadikan budaya sebagai jembatan antar peradaban manusia. Masing-masing negara peserta ASEM-CMM mewakili sebuah peradaban besar, termasuk peradaban yang berbasis pada agama.

Eropa mewakili peradaban berbasis Nasrani; sementara Asia berbasis Islam, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Dengan jumlah penduduk di Asia dan Eropa mencapai 4 miliar, dari total penduduk bumi 7 miliar, forum ini penting untuk menjembatani dialog antar-peradaban. Sehingga efektif untuk menyelesaikan konflik.

Aliran peradaban terbagi menjadi 3 (tiga) jenis. Pertama, dominasi peradaban yang lebih besar terhadap peradaban lainnya. Hasilnya, peradaban yang lebih besar mencaplok peradaban yang lebih kecil. Kedua, benturan peradaban. Ketiga adalah stabilisasi peradaban.

Duta Besar Siprus Nicos Panayi mengatakan, ASEM-CMM merupakan forum pertemuan yang sangat penting untuk mendiskusikan antar-peradaban. Karena itu, ia berpendapat, hasil pertemuan tak hanya berlangsung di tingkat pemerintahan. Tapi bisa disosialisasikan dan disebarkan hingga ke berbagai komunitas di negara masing-masing, termasuk komunitas antar-agama. (Editor : Rafans Manado – Sumber, Tempo.Co),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s