KH. Abdurahman Wahid Dan Pemikiran Pluralismenya

Ulama Besar KH. Quraish Shihab, ketika memberikan tausyiah pada malam Tahlil Akbar dan peringatan 1.000 hari wafatnya Gus Dur yang dihadiri ribuan warga nahdliyin dan kaum Gus Durian, di kompleks pesantren Ciganjur yang didirikan Gus Dur di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (27/9) malam, mengatakan bahwa pemikiran KH. Abdurahman Wahid atau Gus Dur, khususnya tentang pluralisme, masih sangat relevan sampai saat ini.

KH. Abdurahman Wahid  (Gus Dur)

Apalagi dalam kehidupan keagamaan saat ini, prasangka terhadap sesama umat beragama dan juga antar umat beragama masih saja ada.

Pemikiran pluralisme Gus Dur yang sangat menghargai perbedaan, membela kaum minoritas, dan kedekatannya dengan beragam tokoh agama lain, sering disalahartikan oleh sebagian umat Islam. Padahal setelah Gus Dur tiada, banyak orang akhirnya mengakui kebenaran dan kehebatan toleransi yang ditunjukkan Gus Dur. 

Pluralisme yang diperjuangkan Gus Dur, lahir dari pemikiran jernih, kepedulian, dan juga dasar kitab suci Alquran dan juga hadist. Perintah membantu umat lain seperti membantu pembangunan gereja, juga ada dalam perintah Nabi Muhammad sebagai bukti sikap Nabi dalam menghormati dan toleransi.

Pemikiran Gus Dur, tokoh yang pernah menjadi Presiden RI keempat, harus terus disosialisasi dan dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Demikian Quraish Shihab.

Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid sependapat dengan Quraish. Menurut dia, pemikiran Gus Dur bukan saja relevan dengan saat ini tapi juga nanti. Pemikiran dan langkah Gus Dur melampau jamannya. Ansor akan menerapkan prinsip, nilai, dan ajaran Gus Dur, bahkan akan menjaga dari berbagai ancaman yang mengganggu pluralisme yang menjadi ikon Gus Dur. (Editor : Rafans Manado – Sumber, Suara Pembaruan.com Jumat, 28 September 2012 | 10:53),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s