Di Indonesia Ada Sekitar 500 Situs Jihad Ala Teroris

Direktur Program Riset Yayasan Prasasti Perdamaian Taufiq Andri mengatakan, bahwa saat ini masih ada kelompok-kelompok kecil bersenjata yang rajin melakukan pelatihan militer. Hal tersebut dikatan Taufiq seusai diskusi terbatas bertema “National Security Conversation” di Jakarta, pada hari Kamis, 11 Oktober 2012.

Stop Teroris (Foto, Google)

Penyebaran ide jihadi ala teroris tak lagi hanya melalui pengajian. Para aktivis jihadi juga menyebarkan ide jihad lewat Internet.

Pada tahap awal, informasi soal jihadi ala teroris di Internet bisa menjadi pintu masuk untuk menarik seseorang tertarik pada ide-ide jihadi yang dikembangkan oleh tokoh tertentu. Ini yang harus diwaspadai pula.

Apalagi jumlah situs jihad ala teroris di Indonesia mencapai sekitar 500 situs. Dari jumlah itu, 20-30 situs dikelola oleh kelompok, sedangkan selebihnya dikelola secara individual.

Meski jumlahnya ribuan, isi situs tersebut sebenarnya tidak banyak ragamnya. Masih soal jihad, ada pula cara membuat bom. Mereka melakukan duplikasi atau copy paste dari situs-situs yang dikelola kelompok. Tinggal comot lalu pasang ke situs yang mereka bikin.

Situs-situs jihadi yang dikelola secara individual banyak menggunakan blog yang menyediakan hosting gratis seperti blogspot.com ataupun wordpress.com.

Jumlah situs ini mengkhawatirkan karena bisa menyebarkan ide jihad dengan cepat dan luas serta menciptakan jaringan-jaringan baru yang dipertemukan lewat dunia maya.

Jika mereka cocok dengan ide jihad seorang tokoh tertentu, bisa saja kemudian tertarik mendalami dan memiliki semangat untuk meledakkan bom.

Dalam beberapa kasus terakhir ,teror dilakukan oleh kelompok kecil, bahkan individual. Kini terjadi transformasi jihad ala teroris dari model berkelompok atau terorganisasi menjadi lebih individual. Kalau sudah individual, mereka bisa berlatih di mana saja, katanya. (Editor : Rafans Manado – Sumber, Tempo.co),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s